Upaya Peningkatan Pemahaman Remaja Dari Bahaya Seks Bebas Guna Pencegahan HIV/AIDS Dengan Video Animasi
DOI:
https://doi.org/10.70410/japm.v1i1.18Kata Kunci:
remaja, seks bebas, hiv/aids, vidio animasiAbstrak
Remaja merupakan masa dimana peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, yang telah meliputi semua perkembangan yang dialami sebagai persiapan memasuki masa dewasa. Perubahan perkembangan tersebut meliputi aspek fisik, psikis dan psikososial. Tugas perkembangan remaja yang tersulit ialah berhubungan dengan penyesuain sosial. Remaja yang harus menyesuaikan diri dengan lawan jenis hubungan yang sebelumnya belum pernah ada sehingga menyesuaikan diri dengan orang dewasa diluar lingkungan keluarga dan sekolah. Remaja lebih banyak menghabiskan waktunya bersama dengan teman-teman, maka pengaruh teman-teman sebaya pada sikap, pembicaraan, minat, penampilan, dan perilaku lebih besar dari pada pengaruh keluarga.
Permasalahan yang dihadapi oleh remaja bersumber pada perubahan-perubahan akibat pematangan organ-organ reproduksi yang sering tidak diketahui oleh remaja itu sendiri. Perubahan ini dapat memberikan dorongan psikologis dan emosional tertentu yang tidak jarang akan menimbulkan kebingungan dalam diri remaja. Hal tersebut dapat menimbulkan remaja untuk mencari identitas diri, timbul keinginan untuk berkencan, mempunyai rasa cinta yang mendalam, mengembangkan kemampuan berpikir abstrak dan berkhayal tentang aktifitas seks dengan lawan jenis. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan kepada remaja di MTsN 2 Kota Tasikmalaya melalui pemberian edukasi tentang pentingnya mengetahui tentang seks bebas guna pencegahan terjadinya penyakit menular seksual yang akan mengakibatkan HIV/AIDS dengan video animasi. Hasil dari penyuluhan didapatkan para siswa MTsN 2 Kota Tasikmalaya memahami akan pentingnya memelihara dirinya dari perlakuan seks bebas dalam menghindari tertularnya penyakit HIV/AIDS.
Referensi
Aisyah, S. 2019. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang HIV/AIDS Dengan Pencegahan HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Montasik Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Bidan Komunitas. Vol. I1 No. 1 hh: 1-10.
Aisyah, S. Syafar, M. dan Amiruddin, R. 2020. Pengaruh Media Sosial Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang HIV/AIDS di Kota Parepare. JKMM. Vol. 3 No. 1. hh: 109-122
Andriyani, A. & Al Muadudi, A.A. 2018, ‘Peran Teman Sebaya terhadap Perilaku Seksual Siswa SMA X Jakarta’, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, vol. 14, no. 2, p. 1.
Angela M, Sianturi SR, Supardi S. Hubungan antara Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan HIV/AIDS pada Siswa SMPN 251 Jakarta. JPPPK. 2019;3(2):67–72
Ariyanti, K. S. 2020. Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Baturiti. Jurnal Medika Usada, 3(2). https://doi.org/10.54107/medikausada.v3i2.70
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Laporan Perkembangan HIV AIDS & Penyakit Infeksi Menular Seksual (PIMS) Triwulan II Tahun 2020. Jakarta;2020
Nurdianti, R., Rahmawati, A., & Nuryani, W. D. (2023). Efektivitas Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang HIV/AIDS. MAHESA, 2691-2702
Rohmatullailah D, Fikriyah D. Faktor Risiko Kejadian HIV pada Kelompok Usia Produktif di Indonesia. BIKFOKES. 2021;2(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Adiguna Pengabdian Masyarakat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Adiguna Pengabdian Masyarakat agree to the following terms:
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.