Edukasi Kulit Sehat Bebas Jerawat Bagi Remaja Pada Siswa SMK Muhammadiyah 4 Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.70410/japm.v2i1.42Keywords:
jerawat, kulit sehat, remajaAbstract
Jerawat (Acne vulgariis) erupakan gangguan kulit yang sering terjadi pada remaja, terutama pada masa pubertas ketika aktivitas hormon androgen meningkat. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, baik secara fisik maupun psikologis, seperti menurunnya rasa percaya diri hingga depresi. Berdasarkan survey awal, ditemukan bahwa banyak siswa di SMK Muhammadiyah 4 Lamongan mengalami jerawat namun kurang memahami penyebab dan cara penanganannya. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai jerawat, mulai dari jenis, penyebab, hingga langkah pencegahan dan pengobatannya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode edukasi melalui sosialisasi yang melibatkan siswa SMK Muhammadiyah Lamongan. Tahapan kegiatan meliputi pemberian pre-test, penyampaian materi menggunakan media poster dan presentasi PowerPoint sesi tanya jawab, dan post-test. Hasil pre-test menunjukkan bahwa hanya 59,38% siswa yang memiliki pengetahuan baik mengenai jerawat. Setelah penyuluhan, seluruh siswa (100%) menunjukkan peningkatan pengetahuan ke kategori baik. Temuan ini menunjukkan bahwa edukasi kesehatan kulit efektif dalam meningkatkan pemahaman remaja mengenai jerawat.
References
Beauty, A., & Erlyana, Y. (2022). Perancangan Buku “My Acne Journey” untuk Remaja dengan Teknik Ilustrasi Digital. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 7(2), 143–162. https://e-journal.trisakti.ac.id/index.php/seni/article/view/12813/8664
Devianti Sagita, N., Nisrina Anbar Fatin, M., Saidah, S., & Andriansyah, I. (2024). Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Masker Rambut Daun Peppermint Di Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung. Jurnal Adiguna Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.70410/japm.v1i1.16
Febriani, L., Matsum, J. H., & Warneri. (2015). Penerapan Post-test dalam Pembelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islam Bawari Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(11), 1–13.
Hidayati, N. R., Indriaty, S., Bachtiar, A., Annisah, C., Suciyanti, A., & Rahmatillah, H. A. (2024). Education on acne and cosmetic knowledge for adolescents at SMK Rise Kedawung. Community Empowerment, 9(3), 546–552. https://doi.org/10.31603/ce.11077
Kedokteran, P. S., Kedokteran, F., & Warmadewa, U. (2024). Hubungan Derajat Acne Vulgaris dengan Tingkat Ansietas pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa Kedokteran di Universitas Udayana Bali vulgaris dengan tingkat ansietas pada. 4(2), 252–260.
Latifah, U., Andodo, C., Ayu, R., & Salsabila, K. (2025). Peningkatan pengetahuan tentang jerawat dan faktor resiko timbulnya luka jerawat pada remaja di tegal. 9(2), 1434–1443.
Lolita, Fasyir, S. R., Puspitasari, K., Triandika, R., Nugraheni, A. Y., Novita, S., Muhlis, M., Ikhsanudin, A., Supadmi, W., Nuraisyah, F., & Darmawan, H. (2023). Pengembangan Website Edupharmindo Sebagai Media Edukasi Acne Vulgaris. Jurnal Kesehatan, 12(2), 259–266. https://doi.org/10.46815/jk.v12i2.160
Mancia, G., Kreutz, R., Brunström, M., Burnier, M., Grassi, G., Januszewicz, A., Muiesan, M. L., Tsioufis, K., Agabiti-Rosei, E., Algharably, E. A. E., Azizi, M., Benetos, A., Borghi, C., Hitij, J. B., Cifkova, R., Coca, A., Cornelissen, V., Cruickshank, J. K., Cunha, P. G., … Kjeldsen, S. E. (2023). 2023 ESH Guidelines for the management of arterial hypertension the Task Force for the management of arterial hypertension of the European Society of Hypertension: Endorsed by the International Society of Hypertension (ISH) and the European Renal Associat. Journal of Hypertension, 41(12), 1874–2071. https://doi.org/10.1097/HJH.0000000000003480
Masyarakat, T., Sosial, J. I., & Volume, P. (2025). Available online at : https://pkm.lpkd.or.id/index.php/Transformasi. 2.
Oti Aprillia, Nadia Gufran, & Linda Yarni. (2024). Perkembangan Masa Puber. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 261–275. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i3.730
Siahaan, T. D., Lestari, T. B., Supardi, S., Program, A., Keperawatan, S., Program, D., & Keperawatan, S. (2020). Hubungan Antara Kejadian Acne Vulgaris. 3(1), 15–21.
Sifatullah, N., & Zulkarnain. (2021). Jerawat (Acne vulgaris): Review Penyakit Infeksi Pada Kulit. Prosiding Biologi Achieving the Sustainable Development Goals , November, 19–23.
Siska Cahyaning Tyas, Anisa Wahyu Oktavia, Fairuz Zabadi Asyrofany, Diah Destisya Azzahra, Firly Afnauriza Tedja Kanzaffa, Sabrina Salsabila Yuliani, Kamila Lestari Ramadhanti, Shella Effie Irna Nurhaliza, Azahra Nidya Prameswari, Salsabilla Hafizha, Sekar Ayu Isna Wardani, & Gesnita Nugraheni. (2024). Profil Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku mengenai Penggunaan Cleanser sebagai Upaya Pencegahan Acne Vulgaris. Jurnal Farmasi Komunitas, 11(1), 8–15. https://doi.org/10.20473/jfk.v11i1.53126
Syahputra, A., Anggreni, S., Handayani, D. Y., & Rahmadhani, M. (2021). Pengaruh Makanan Akibat Timbulnya Acne Vulgaris (Jerawat) Pada Mahasiswa Mahasiswi Fk Uisu Tahun 2020. Jurnal Kedokteran STM (Sains Dan Teknologi Medik), 4(2), 75–82. https://doi.org/10.30743/stm.v4i2.62
Try, L. R., Zakiyah, G. L., Lailia, K. E., Puspita, H. R., Ilham, K. A. P., Kholidatul, F., Laili, W. S., Tiffany, Islamiah, K. D., Christiananta, S. D. D., & Yuni, P. (2021). Perilaku mahasiswa terkait cara mengatasi jerawat. Jurnal Farmasi Komunitas, 8(1), 15–19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Jihan Karismatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Adiguna Pengabdian Masyarakat agree to the following terms:
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.