Pelatihan dan Edukasi Apoteker Cilik Pada Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Miftaahusa’adah
DOI:
https://doi.org/10.70410/japm.v1i2.25Keywords:
apoteker cilik, edukasi, taman kanak-kanakAbstract
Gagasan Apoteker Cilik (APOCIL) adalah usaha guna menaikkan eksistensi profesi apoteker. Penjelasan ini menjadi dasar penting untuk memulai pemikiran tentang profesi apoteker mulai usia dini, terlebih pada kalangan siswa TK. Apoteker Cilik ialah gagasan guna menaikkan peranan profesi apoteker dengan lebih nyata mulai usia dini. Disemogakan inisiatif seperti ini bisa menaikkan reputasi apoteker pada masyarakat juga mewujudkan lingkungan yang sehat. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan presentasi interaktif melalui media pembelajaran dalam bentuk wayang kartun Apoteker, materi yang dibahas seputar pengenalan sosok profesi Apoteker serta dimana apoteker bekerja, pengenalan bentuk sediaan obat, serta pelatihan cara membuat dan mengerus obat. Evaluasi atas pemahaman materi peserta dilihat atas cara pemberian pertanyaan secara langsung berkaitan atas materi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Berdasarkan dari grafik diatas tentang pemahaman siswa tentang pengenalan apteker dan obat dari 27 siswa, sebelum penyuluhan hanya ada 5 siswa yang bisa menjawab pertanyaan terkait Quiz yang ditanyakan dari kami. Setelah penyuluhan memperlihatkan semua siswa mulai mengerti materi tentang profesi apoteker juga pengenalan obat.Dari aktivitas ini memperoleh respon positif atas anak-anak TK Mifthaahussa’adah, atas antusias juga keahlian peserta saat menjawab pertanyaan tentang materi yang dijelaskan. Aktivitas ini bisa membekali siswa atas pengetahuan juga pemahaman terkait profesi Apoteker juga tanggung jawabnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa dari 27 siswa setelah mengikuti kegiatan ini, semua siswa mulai mengerti materi tentang profesi apoteker juga pengenalan obat.
References
Anbazhagan, S., Shanbhag, D., Antony, A., Bhanuprakash, K., Anbazhagan, S., Chandran, N., & Ramakrishna, G. (2016). Comparison of effectiveness of two methods of health education on cancer awareness among adolescent school children in a rural area of Southern India. Journal of Family Medicine and Primary Care, 5(2), 430. https://doi.org/10.4103/2249-4863.192357
Anidya., dkk. (2013) Buku Acil “Apoteker Cilik” memaparkan tentang inisiatif pembentukan profesi apoteker dan sistem pendidikan interpersonal bagi tenaga kesehatan sejak dini. Jurnal Khazanah, Vol. 6, No.1, 35–40. Menurut Kementerian Kesehatan RI (2014), Universitas Islam Indonesia berlokasi di Yogyakarta. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit
Notoatmodjo. (2012). Perilaku dan Pendidikan Kesehatan. Cipta Rineka.
Aisyah, M., dan DR Octavia. (2019). Pelatihan Cilik Apoteker untuk Siswa SD di Lamongan dalam Upaya Penggunaan Obat yang Tepat. Jurnal Masyarakat Pendidikan Karakter (JCES), 2(2), 1–10. https://doi.org/10.31764/jces.v2i2.1482
N, Sugihartini., dkk. (2018). Pelatihan Apoteker Cilik Wilayah Sentolo, Siswa SD Kelas 5 Kulon Progo. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Jurnal Pemberdayaan, 2(3), 393-398.
Yu., Supartini. (2014). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. EGC: Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nuriyatul Fhatonah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Adiguna Pengabdian Masyarakat agree to the following terms:
This license enables reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator. The license allows for commercial use. CC BY includes the following elements:
BY: credit must be given to the creator.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.